Nama : Zahrotun Ni’mah
Nim : D37210044
Kelas : 5B PGMI
A. Fakta
Dari penelitian yang pernah saya
lakukan di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Al-Ma’arif Sukomulyo Manyar Gresik pada
semester satu kemarin, saya mendapatkan seorang siswa yang belum bisa membaca
dan menulis dengan baik dan benar. Dia masih duduk di kelas satu, tetapi
seharusnya dia sudah duduk di kelas dua. Karena dia belum bisa memenuhi
kompetensi membaca, menulis, dan berhitung maka dia tidak naik kelas. Dia
termasuk siswa yang paling lama dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh
gurunya. Hal yang sering dia lakukan di kelas adalah bermain, berlari-lari, dan
jarang menuruti perintah dari guru. Ketika pelajaran berlangsung dia jarang
mendengarkan penjelasan dari gurunya dan juga jarang mau menulis. Tetapi dia
melakukan hal yang lain, seperti menyobek kertas dari bukunya untuk dibuat
sebuah mainan, berlari-lari, menaiki bangku, dan terkadang mengganggu temannya.
Dia juga mendapatkan julukan dari teman-temannya sebagai anak yang nakal,
malas, dan bodoh. Nakal karena dia selalu bermain ketika guru menerangkan
pelajaran. Malas karena tidak mau menulis. Bodoh karena tidak dapat membaca dan
tidak naik kelas.
Dari wawancara yang saya lakukan
dengan wali kelasnya, mungkin jika dia dapat bimbingan dari guru secara
pribadi, dia pasti akan bisa memahami pelajaran yang diajarkan. Karena dia
bukan tidak bisa dalam memahami pelajaran, tapi dia lambat dalam memahami
pelajaran yang diajarkan.
B. Harapan
Saya berharap anak tersebut
mendapatkan bimbingan secara pribadi dari seorang guru, agar pelajarannya tidak
tertinggal dari teman-temannya dan juga agar dia dapat membaca dan menulis
dengan benar seperti teman-temannya yang lain. Karena dia membutuhkan bimbingan
secara pribadi, suasana yang tenang tapi tidak menegangkan, dan pembelajaran
yang menyenangkan. Seperti pembelajaran dengan bantuan alat teknologi agar dia
dapat tertarik dan perhatiannya akan terpusat pada pembelajaran tersebut.
Motivasi dari guru dan orang tua sangat diperlukan dalam perkembangan
belajarnya. Begitu pula dengan reward, berilah pujian ataupun hadiah
kepadanya jika dia melakukan suatu perubahan yang baik. Serta hilangkan julukan
atau label anak nakal yang ada pada dirinya.
C. Judul
Analisis
Kesulitan Belajar Siswa Kinestetik
0 komentar:
Posting Komentar