Diberdayakan oleh Blogger.
Blue Flower Design Pointer
RSS
Post Icon

Metodologi Penelitian


Nama : Zahrotun Ni’mah
Nim    : D37210044
Kelas  : 5B PGMI


 

A.      Fakta
Dari penelitian yang pernah saya lakukan di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Al-Ma’arif Sukomulyo Manyar Gresik pada semester satu kemarin, saya mendapatkan seorang siswa yang belum bisa membaca dan menulis dengan baik dan benar. Dia masih duduk di kelas satu, tetapi seharusnya dia sudah duduk di kelas dua. Karena dia belum bisa memenuhi kompetensi membaca, menulis, dan berhitung maka dia tidak naik kelas. Dia termasuk siswa yang paling lama dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Hal yang sering dia lakukan di kelas adalah bermain, berlari-lari, dan jarang menuruti perintah dari guru. Ketika pelajaran berlangsung dia jarang mendengarkan penjelasan dari gurunya dan juga jarang mau menulis. Tetapi dia melakukan hal yang lain, seperti menyobek kertas dari bukunya untuk dibuat sebuah mainan, berlari-lari, menaiki bangku, dan terkadang mengganggu temannya. Dia juga mendapatkan julukan dari teman-temannya sebagai anak yang nakal, malas, dan bodoh. Nakal karena dia selalu bermain ketika guru menerangkan pelajaran. Malas karena tidak mau menulis. Bodoh karena tidak dapat membaca dan tidak naik kelas.
Dari wawancara yang saya lakukan dengan wali kelasnya, mungkin jika dia dapat bimbingan dari guru secara pribadi, dia pasti akan bisa memahami pelajaran yang diajarkan. Karena dia bukan tidak bisa dalam memahami pelajaran, tapi dia lambat dalam memahami pelajaran yang diajarkan.
B.       Harapan
Saya berharap anak tersebut mendapatkan bimbingan secara pribadi dari seorang guru, agar pelajarannya tidak tertinggal dari teman-temannya dan juga agar dia dapat membaca dan menulis dengan benar seperti teman-temannya yang lain. Karena dia membutuhkan bimbingan secara pribadi, suasana yang tenang tapi tidak menegangkan, dan pembelajaran yang menyenangkan. Seperti pembelajaran dengan bantuan alat teknologi agar dia dapat tertarik dan perhatiannya akan terpusat pada pembelajaran tersebut. Motivasi dari guru dan orang tua sangat diperlukan dalam perkembangan belajarnya. Begitu pula dengan reward, berilah pujian ataupun hadiah kepadanya jika dia melakukan suatu perubahan yang baik. Serta hilangkan julukan atau label anak nakal yang ada pada dirinya.
C.       Judul
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kinestetik

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar